Sebanyak 636 Mustahik Terima Zakat dari Baznas OKI

KAYUAGUNG-OKI. Potret Sumsel – Indahnya berbagi" Kegiatan ini merupakan program tahunan Bupati OKI H. Iskandar, SE. guna berbagi kasih kepada pasukan biru dan fakir miskin atau masyarakat kurang mampu. Sebanyak 636 orang (Mustahik) yang menerima bantuan berupa zakat dari baznas OKI.

Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H. Husin SPd MM mengatakan, pembagian zakat ini sedikit banyak dapat membantu masyarakat dalam menyambut Idul Fitri. Karena sasarannya masyarakat kurang beruntung yang mendapat PKH.

“Seluruh kecamatan yang ada di tiga region, yakni Pampangan, Lempuing Jaya dan Kayuagung,” terangnya di sela penyaluran zakat tersebut di pendopo kabupatenan, Senin (3/6/2019).

Memang event tahunan, katanya lagi, dengan kegiatan ini dapat meringankan beban menghadapi lebaran serta memberi motivasi kepada masyarakat yang mampu melaksanakan infak sadaqoh.

“Coba pikir, satu orang yang memiliki kemampuan ekonomi untuk membantu. Kalau zakat dan fitrah itu kan sudah menjadi kewajiban,” tandasnya.

Disinggung soal himbauan bagi ASN untuk menyalurkan zakat penghasilannya ke Baznas, pihaknya tidak bisa memaksakan. Karena terkadang masih ada ASN yang gajinya habis untuk membayar pinjaman di bank.

“Saat ini yang paling banyak menyalurkan zakatnya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) adalah Dinas Pendidikan dan Kesehatan,” ungkapnya.

Ketua Baznas OKI HM. Nazir Bayad menjelaskan, tugas Baznas ini berat dan tidak boleh mengendap. Karena ini amal ibadah orang yang harus disalurkan segera, untuk berbagai program kegiatan yang dilakukan.

Masih kata Nazir" Basnas telah berbagi kasih kepada anak sekolah tingkat SD dan SMP.

Kalau dana memungkinkan, lanjutnya, akan dibuat program produktif. “Seperti memelihara ikan dan penguatan usaha lainnya, sehingga mereka nanti bisa menjadi muzakki,” pungkas Nazir. (Fitriyani).
Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar