PT.Supreme Energi Sepakat Tidak Mendatangkan Dulu Tenaga Kerja Asing

Lahat potretsumsel.-co.id---Dua Perusahaan Pembangkit Listrik PT.Supreme Energy Rantau Dedap dan PT.BPI (PLTU Banjarsari) sepakat untuk tidak mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah demi mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19 di wilayah kabupaten Lahat.

Hal tersebut merupakan kesepakatan antara kedua manajemen perusahaan saat rapat bersama Bupati Lahat Cik Ujang SH dan wakil Bupati H.Haryanto.SE, Ketua DPRD Fitrizal Homizi St, beserta seluruh Forkompimda kab.Lahat bertempat di ruang OPP ROOM Pemkab Lahat. Senin (20/4/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut manajemen PT.SERD Mr. Frengky beserta Humas Mr.Goeril Tan dan Manajemen PT.BPI (PLTU Banjar Sari)Bpk Rahmad.

Dalam penjelasannya Manajemen PT.SERD Mr.Frengky menjelaskan bahwa perusahaannya telah menerapkan beberapa protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah kerja perusahaan yaitu menyiapkan tenaga medis, pemasangan banner sosialisasi dibeberapa titik, menyiapkan alat cuci tangan, menyiapkan ruang isolasi beserta alat Rapid Tes, dan memperpanjang jam kerja karyawan yang sebelumnya 34 hari kerja 12 hari istirahat, di perpanjang menjadi 68 hari kerja dan 24 hari istirahat dan tidak dulu mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah" Ujarnya.

Operasi perusahaan saat ini masih terus berjalan seperti biasanya (bisnis usually) dengan membangun konstruksi jaringan untuk merampungkan target pembangunan di akhir tahun 2020, namun jika nantinya terjadi kemungkinan terburuk mungkin Perusahaan akan melakukan Shut Down sementara. "Namun saat ini Shut Down tidak akan kami lakukan mengingingat 600 s.d 800  dari 1300 karyawan PT.
SERD merupakan tenaga kerja lokal yang harus diberdayakan agar mereka dapat terus memiliki pendapatan demi menghadapi hari raya lebaran Idul Fitri nanti" Ujarnya

Frangky juga menambahkan perusahaan PT.SERD juga akan memberikan bantuan kepada Pemda Lahat dalam upaya menanggulangi Virus Corona dalam bentuk peralatan APD disinfektan dll. "Hal tersebut sedang kita ajukan ke manajemen perusahaan di pusat" Ujar Frangky kepada awak media

Dari rapat tersebut juga terungkap bahwa PT.BPI rencananya akan mendatangkan 90 orang Tenaga Kerja dari beberapa wilayah Zona Merah  seperti Jakarta, Jawa barat dan Jawa Timur. " Mereka tenaga ahli kami datangkan untuk melakukan pemeliharaan peralatan kerja PLTU agar suplai energi diwilayah Sumsel dapat terus tercukupi" ujar Rahmad (perwakilan manajemen perusahaan).

Namun berdasarkan kesepakatan dari hasil rapat sesuai arahan bupati Cik.Ujang.SH dan ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi.ST bahwasanya perusahaan tidak boleh mendatangkan dulu tenaga kerja dari luar kota terkecuali dapat menjamin dan memberikan garansi bahwa seluruh karyawan yang mereka datangkan tidak terjangkit/suspek Virus Corona. "Intinya Perusahaan pada saat ini harus bisa memberdayakan tenaga kerja lokal" ujar Fitrizal Homizi St ketua DPRD Lahat (Endi)
Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar