Muara Enim Siap Hadapi Karhutla, Plt Sekda Instruksikan Posko Siaga Kecamatan Kembali Diaktifkan



MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Dalam rangka akan menghadapi perubahan musim di tahun 2021ini. Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Drs Emran Tabrani M Si bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti rapat koordinasi tingkat Nasional yang digelar oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo, Senin (22/2/2021) yang diselenggarakan secara virtual di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda kantor Bupati Muara Enim. 



Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama dengan unsur lembaga pemerintah lainnya siap melaksanakan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo terkait antisipasi Karhutlah ini. 


"Pemkab Muara Enim siap menghadapi apapun bentuk bencana termasuk Karhutlah di musim kemarau mendatang. Makan itu untuk mempersiapkan itu semua kita siapkan satgas karhutla bersama pemangku kepentingan lainnya dalam hal ini Forkompimda terkhusus TNI dan Polri,"ungkap mantan Kadin DPMD ini, Senin (22/2/2021) di kegiatan tersebut. 


Selanjutnya Emran menekankan agar semua pihak dapat mensosialisasikan terkait larangan membuka lahan dengan cara memabakar ke masyarakat. 


"Sosialisakan melalui camat tokoh masyarakat untuk melarang Masyarakat membuka lahan dengan cara membakar. Dan kemudian berkonsolidasi dari camat serta forkopincap bersam elemen lainnua untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk sarana dan prasarana dalam menghadapi musim kemarau yang diperkirakan akan masuk pada awal bulan Mei mendatang,"urainya.



Selanjutnya Emran menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim beserta dinas/instansi terkait, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan para Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) segera siaga dan menginventarisir perlengkapan dengan berkoordinasi bersama tim gabungan dari TNI, Polri dan perusahaan. 



" Setidaknya di Kabupaten Muara Enim pada tahun lalu memiliki 8 Posko Siaga Karhutla, yaitu sebanyak 3 Posko di kawasan lahan gambut, terletak di Kecamatan Muara Belida, Gelumbang dan Sungai Rotan. Kemudian 5 Posko di kawasan lahan organik, berada di Kecamatan Rambang, Belimbing, Gunung Megang, Tanjung Agung dan Semende Darat Tengah. Untuk itu saya meminta semua Posko tersebut segera diaktifkan, termasuk kesiapan para petugas lapangan dan peralatan seperti mesin pompa, selang maupun wadah penampung air,"harapnya. 


Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar menyampaikan dalam waktu dekat akan mengadakan apel gabungan kesiapsiagaan personil.


"Pada waktu dekat ini kita akan adakan ape gabungan kesiapsiagaan personil, sehingga puncak kemarau yang diperkirakan terjadi pada bulan Mei dapat diatasi," pungkasnya.(Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar