Polres Muara Enim Lakukan Program Vasdoor, Dampingi Dinkes Lakukan Vaksinasi Lansia dan Penyandang Disabilitas



MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Didalam mempercepat proses Vaksinasi di Kabupaten Muara Enim serta menindak lanjuti Program 100 hari Prioritas Kapolri. Dimana salah satu programnya ialah percepatan Vaksinasi. Kali ini Polres Muara Enim melakukan trobosan dengan Inovasi Vasdooor.



Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar S.I.K mengungkapkan gagasan inovasi Vasdooor atau Vaksinasi door to door ini adalah dimana layanan percepatan Vaksinasi dalam membantu dinas kesehatan Kabupaten Muara Enim melaksanakan vaksinasi kepada lansia dan disabilitas.


"Saya memerintahkan Waka Polres Muara Enim Kompol Agung Adhitya P membentuk Tim Kerasi Inovasi layanan door to door bagi peserta lansia dan disabilitas yang jauh dari fasilitas kesehatan (Faskes)!dan Puskesmas dengan sebutan Inovasi Vasdoor yaitu Vaksinasi Door To Door,"ungkap Kapolres Muara Enim, Sabtu (10/04/2021) dalam siaran persnya.


Dilanjutkannya, di hari Jumat tanggal 09 April 2021 pukul 07.00 wib ia telah melepas Team Vasdoor ini untuk ikut serta langsung dalam kegiatan tersebut.


"Tim kita telah ikut serta langsung pada program ini dengan menaikin Bus Vasdorlor ini menuju desa Tegal Rejo dan Desa Keban Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Dimana pada giat ini juga diiringi mobil penyuluhan Sat Binmas dan Ambulan Polres Muara Enim serta dikawal ketat oleh Sat Lantas Polres Muara Enim,"lanjutnya.



Selanjutnya, Danny mengungkapkan bahwa Polres Muara Enim membantu dinas kesehatan Kabupaten Muara Enim untuk melaksanakan vaksinasi kepada lansia dan disabilitas.


"Giat ini adalah salah satu cara pihak kita didalam membantu Dinkes Muara Enim melaksanakan vaksinasi terhadap lansia dan penyandang disabilitas, karena lansia dan disabilitas punya keterbatasan untuk mendatangi vasilitas-vasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas mungkin jauh mungkin tidak ada yang mengantar,"jelasnya.


Diterangkannya juga, tujuan dari inovasi ini adalah menjangkau tempat- tempat yang jauh dari lokasi Faskes. 


"Dengan mendatangi desa-desa yang jauh dari Fasilitas kesehatan atau Puskesmas, dengan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa membawa warga lansia ini ke tempat lokasi VASDOOR yang telah kita tentukan,"pungkasnya. 


Terpantau pada giat ini, Urkes Polres Muara Enim mendirikan tenda mini untuk para peserta yang akan di vaksin, dan Kasat Lantas beserta personinya melakukan giat kampaye Prokes dengan membagikan masker kepada pengendara yang lewat di lokasi tersebut yang tidak menggunakan masker.


Kemudian badut mang cek dan bik cek Polres Muara Enim Polres Muara Enim menghibur warga yang hadir disekitar lokasi VASDOOR tersebut,


Sebelum dimulai pelaksanaan Kasat lantas, Kasat Intel dan Kasubbag Humas membagikan sarapan pagi untuk para peserta yang hadir, 


setelah sarapan kemudian peserta melakukan pendaftaran, selanjutnya peserta diperiksa kesehatan fisik sederhana sebelum peserta diberi vaksinasi 


setelah peserta dinyatakan bisa di vaksin oleh hasil pemeriksaan tersebut kemudian peserta di beri vaksin, kemudian peserta di minta menunggu selama 30 menit sambil di hibur Badut mang cek bicek mang pedeka Polres Muara Enim.  


Setelah Pelaksanaan kegiatan Vasdoor di Desa Tegal Rejo sebanyak 10 peserta dari lansia dan selanjutnya kegiatan di lanjutkan ke Desa Keban Kecamatan Lawang Kidul dengan peserta sebanyak 10 orang dari lansia dan setelah pelaksanaan vaksinasi tersebut kemudian Kapolres Muara Enim membagikan Sembako kepada para peserta vaksin.


Turut Serta juga dalam Kegiatan tersebut Kasat Binmas Akp Gultom, Kasat Lantas Akp Desi, SH, MH, Kasat Intelkam Akp Aan Sumardi, Kasubbag Humas Iptu RTM. situmorang dan Urkes Polres Muara Enim serta Personil team VASDOOR, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Selamat Oku Asmana, SKM, M.Kes, Kepala Puskesmas Tanjung Enim, AHMAD GANI, SKM beserta petugas Dinas Kesehatan(Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar