Jaring Aspirasi Pemangku Kepentingan Pemkab Muara Enim Gelar Forum Konsultasi Rancangan Awal RKPD

 


MUARA ENIM,potretsumsel.id-- Bupati Muara Enim yang dalam hal ini diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim tahun 2023, Selasa (15/02/2022) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Kabupaten muara Enim.


Hadir juga dalam kegiatan ini para staf ahli, asisten, dan kepala perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Muara Enim termasuk juga para tokoh adat, tokoh masyarakat, pimpinan perusahaan, serta narasumber ahli dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dan BPS Kabupaten Muara Enim.



Dikesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim melalui Pj Sekda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD.



"Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD dengan tujuan menjaring aspirasi para pemangku kepentingan (stakeholders) guna menjadi masukan dalam penentuan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Muara Enim di tahun 2023,"ungkapnya. 


Kemudian dikatakan Emran, Rencana dan rancangan yang ditetapkan tentunya akan disesuaikan dan perpedoman pada tema prioritas pembangunan tahun 2023 yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Muara Enim 2018-2023.


"Rencana dan rancangan yang ditetapkan tentunya akan disesuaikan dan perpedoman pada tema prioritas pembangunan tahun 2023 yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Muara Enim 2018-2023 yaitu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan untuk Muara Enim yang Sejahtera,"terangnya.



Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam rencana pembangunan 2023 mendatang.



"Ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian dalam rencana pembangunan 2023 yaitu: Peningkatan ketahanan ekonomi melalui peningkatan produktifitas pertanian, UMKM, dan industri kreatif, Percepatan penurunan angka kemiskinan, Peningkatan kualitas pelayanan dan pemantapan infrastruktur dasar, Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Dirinya mengajak seluruh Kepala OPD dan pemangku kepentingan agar semangat dan optimis meningkatkan kinerja dan bekerja lebih giat guna mewujudkan hal-hal yang dicita-citakan,"bebernya. 


Setelah itu, kata Emran hasil dari kegiatan tersebut akan dituangkan dalam naskah awal RKPD.


"Selanjutnya hasil Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD ini dituangkan dalam naskah yang ditandatangani masing-masing perwakilan peserta forum,"pungkasnya.(Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar