Muara Enim Tuan Rumah Rakor Bidang Perindustrian, HNU Harapkan Muncul Ide dan Gagasan Pembauran IKM



MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Murara Enim menjadi tuan rumah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Perindustrian, Kamis (09/03/2022) di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim.


Kadisperindag Provinsi Sumatera Selatan Ernila Nizar selaku ketua Panitia menerangkan Rakor ini bertujian untuk mensingkronkan perkembnagn industri antara Pemprov dan kabupaten/kota se-Sumsel dengan peserta 65 utusan Disperindag se-Sumsel dan OPD terkait.


"Apresiasi kepada Pemkab Muara Enim dan bangga akan dukungan yang diberikan dalam kegiatan ini dan menurut kami Kegiatan ini mirip dengan Rakornas yang dihelat di Kementerian,"ungkapnya.


Masih kata Ernila, di kabupaten Muara Enim selain kegiatan ini akan ada dua kegiatan Provinsi akan digelar di Bumi Serasan Sekundang.


"Tiga kegiatan yang di lokasikan di kabupaten Muara Enim, satu diantaranya kegiatan Rakor ini dan duanya lagi kegian pengembangan industri kopi dan batik di tahun 2022,"terangnya.


Sementara, Gubernur Sumsel diwakili Plh Dharma Budi Asisten III Pemprov Pemprov akan terus melakukan akselerasi didalam mewujudkan Sumsel Tangguh. Kemudian, hal ini didukung oleh peningkatan sektor industri guna dapar meningkatkan kesejahteraan.


"Pemprov Sumsel mengapresiasi pelaksanaan Rakor di Kabupaten Muara Enim yang kami terselenggara dengan sangat baik,"ujarnya.


Masih kata Dharma, kelemahan industri menengah adalah kurangnya pemahaman teknogi dengan adanya Rakor ini akan dapat meningkatkan kemampuan UKM.


"Berbagai produk IKM unggulan Kabupaten Muara Enim-pun turut dipamerkan dalam Rakor yang berlangsung selama 3 hari ini,"jelasnya. 


Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel yang telah memilih Kabupaten Muara Enim sebagai tuan rumah dalam Rakor ini.


"Kita berharap Rakor ini dapat memunculkan berbagai ide dan gagasan pembaruan melalui tukar-menukar pengalaman di daerahnya masing-masing sehingga dapat menjadi program strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun pembangunan daerah,"ujarnya.


Selanjutnya, Pj Bupati juga menyampaikan bahwa sektor perindustrian, khususnya industri kecil dan menengah (IKM) menunjukkan kinerja positif terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang secara umum mempunyai peranan sangat strategis bagi perekonomian Kabupaten Muara Enim. 


"Pelaku IKM di Kabupaten Muara Enim terus tumbuh dan berkembang, setidaknya mengalami peningkatan sebesar 64,93% dari 1.370 usaha di tahun 2015 menjadi 2.110 di tahun 2021. Maka itu, ia menekankan bahwa Pemkab Muara Enim konsisten memberikan stimulus kepada para pelaku usaha, melalui alokasi dana bantuan peralatan usaha, pelatihan diversifikasi usaha maupun produk dan pembinaan terkait jenis usahanya,"pungkasnya.

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar