Ajak Masyarakat Awasi Pemilu, Bawaslu Muara Enim Sosialisasi Pengawasan Partisifatif

 


MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim mengajak masyarakat berpartisifasi didalam melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemilu. Hal ini dibuktikan dengan diadankannya Sosialisasi Pengawasan Penyelenggara Pemilu Pertisifatif tahun 2022 oleh Bawaslu Muara Enim, Minggu (13/11/2022) di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim.


"Terima kasih atas kehadirannya pada forum ini karena bagi kami kegiatan ini sangat istimewa, karena berdasarkan data ini mewakili dari 9 bahkan sampai 12 perwakilan tokoh-tokoh yang ada di kabupaten Muara Enim yaitu tokoh Pemuda, tokoh Masyarakat serta tokoh agama,"ungkap Ketua Bawaslu kabupaten Muara Enim Suprayitno dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisai tersebut.



Lanjut, Yitno sapaan ketua Bawaslu Muara Enim ini bahwa kegiatan sosialisasi ini mereka lakukan ingin minta bantuan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan dan partisifasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu.

" Mengingat wilayah Muara Enim yang cukup luas dan jumlah personil Bawaslu dan Panwascam terbatas, maka itu harapan kita masyarakat dapat juga melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu,"ujarnya.

Kemudian, Yitno juga menginformasikan bahwa pihaknya beberapa bilan lalu telah melakukan perekrutan dan pelantikan Panwascam se kabupaten Muara Enim guna mensuksekan pelaksanaan Verifikasi Faktual Parpol yang sedang dilakukan oleh KPU.


"Perlu kami sampaikan dan informasikan bahwa mungkin Bapak Ibu sekarang sudah mendapatkan informasi baik di media sosial maupun media yang lain yang lain, terkait telah selesainya pelaksanaan rekrutmen Panwascam di wilayah kabupaten Muara Enim. Tapi kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Muara Enim ini khususnya perwakilan yang sempat hadir pada hari ini karena tidak menutup kemungkinan dari Panwascam - Panwascam yang sudah terpilih ini sebagian besar telah mewakili organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Muara Enim ini,"tuturnya. 

Selanjutnya, ia menegaskan selama proses itu perlu dipahami bahwa pihaknya tidak melakukan kolusi atau nepotisme maupun yang lain. 

"Seluruh proses perekrutan ini adalah murni dan sudah kami lakukan secara jujur adil dan berdasarkan aturan yang ada mulai dari pendaftaran verifikasi administrasi rekrutmen melalui tes CAT dan selanjutnya wawancara dari proses ini sudah kami lakukan. Alhamdulillah kami berharap yang terpilih 3 orang Per Kecamatan akan bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,"katanya.


Lebih lanjut, ia mengatakan tugas ini tidak cukup hanya dilakukan oleh Bawaslu dan Panwascam saja. Namun, kami butuh bantuan butuh saran dan butuh masukan dari seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Muara Enim ini,"tegasnya.


Masih menurut, Yitno sejatinya Bawaslu ingin melibatkan seluruh lapisan masyarakat, tapi karena keterbatasan anggaran atau batasan dana sehingga yang hadir dalam sosialisasi ini dianggap sudah mewakili mayoritas perwakilan dari organisasi-organisasi ke masyarakat yang ada di Kabupaten Muara Enim.


"Kami berharap dari kegiatan ini nantinya untuk disampaikan kepada kawan-kawan satu organisasi dan kawan-kawan di luar satu organisasinya, kepada tetangga-tetangganya, kepada sahabat-sahabatnya bahwa sekarang ini sudah mulai masuk tahapan-tahapan Pemilu walaupun pelaksanaan Pemilu pasti di tahun 2024 tepatnya tanggal 14 Februari mendatang. Namun, masih 1 tahun 4 bulan tapi tahapan memang sudah dimulai dari bulan Juni tahun 2022 sekarang ini. Dimana sudah masuk tahapan pendaftaran verifikasi faktual untuk partai politik,"bebernya.



Kemudian, ia menegaskan dengan dilakukan verifikasi faktual Bawaslu meminta ke masyarakat untuk dapat melakukan pengawas dari kegiatan tersebut.



"Karena ini sifatnya faktual kami mungkin tidak sanggup untuk melakukan pengawasan sendiri harapan kami kegiatan sosialisasi ini akan memberikan informasi kepada masyarakat pada tokoh-tokoh masyarakat tokoh-tokoh Pemuda agar ikut terlibat dalam melakukan pengawasan ini,"pungkasnya.


Diketahui, Kegiatan ini pematerinya ada tiga yang pertama dari Kesbangpol Kabupaten Muara Enim yaitu Kaban Kesbangpol Andi Wijaya, kedua dari internal Bawaslu Kabupaten Muara Enim Komisioner Divisi Pengawasan Zulfadli, dan yang ketiga dari kejaksaan negeri Kabupaten Muara Enim.(Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar