Hari Jadi Ke-76 Kabupaten Muara Enim, Gubernur Sumsel Puji Torehan Berbagai Prestasi Diraih

 


MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabulaten Muara Enim menggekar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76, Senin (21/11/2022) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muara Enim di Kawasan Islamic Center, Muara Enim. Rapat Paripurna yang dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Sejumlah Bupati dan Walikota di Sumsel, Unsur Firkompimda kabupaten Muara Enim serta tamu undangan.


Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan selamat atas Hari Jadi kabupaten Muara Enim ke-76.


"Saya mengapresiasi atas telah turunnya angka Stunting diwilayah Bumi Serasan Sekundang ini, karena berkat kerjasama yang baik dalam menurunkan angka Stunting tersebut, saya merasa kagum. Namun, saya juga berharal dalam 

peningkatan untuk pendidikan agama seperti membaca Alqur'an untuk lebih ditingkatkan lagi agar para generasi muda dapat lebih mempunyai bekal ilmu Islami dengan berakhlak mulia,"ungkap Gubernur dalam sambutannya. 



Dikatakan Gubernur bahwa HUT Kabupaten Muara Enim ke-76 ini diharapakan bukan hanya sebagai acara ritual saja, namun sebagai bahan evaluasi untuk dijadikan sebuah rumus guna kedepan untuk Kabupaten Muara Enim harus menjadi lebih baik lagi.


"Kita ketahui di usianya yang ke-76 ini Kabupaten Muara Enim sudah sangat terpandang baik itu di Pusat maupun di seluruh lintas stretoral lintas Provinsi karena berhasil dalam membangun wilayah serta lainnya, dan dihari jadinya yang ke-76 saya ucapkan selamat HUT Kabupaten Muara Enim Ke-76 Tahun. Maka itu, saya mengajak mari bersama-sama membangun kabupaten ini agar lebih solidnya hubungan semua pihak untuk menjadikan Bumi Serasan Sekundang menjadi lebih baik lagi,"ajaknya.


Sementara, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa diusia yang ke-76 ini kabupaten Muara Enim patut bersyukur atas segala seuatu yang telah diberikan terhadap Bumi Serasan Sekundang dengan tanahnya yang subur, alam yang indah dan potensi sumber daya alam yang berlimpah, ditambah dengan masyarakatnya yang guyub, hidup rukun, saling serasan dan saling sekundang.  



"Tidak banyak daerah yang diberikan keberkahan seperti ini sehingga patut kita syukuri bersama. Tentu saja di usia yang ke-76 tahun, banyak pencapaian yang telah kita raih, tapi juga harus kita akui bahwa masih terdapat pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan yang adil dan merata,"ujarnya.  


Lanjut, Pj Bupati melalui tema ‘Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-76, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Menuju Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Sehat dan Sejahtera’, ia ingin mengajak seluruh komponen yang ada untuk bersatu bangkit mewujudkan percepatan pencapaian cita-cita pembangunan dengan menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat sehingga mampu mendorong akselerasi pembangunan menuju masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera. 


"Di hari jadi yang ke-76 tahun ini telah banyak hal yang telah dilalui dalam membangun Kabupaten Muara Enim yang kita cintai, namun demikian roda pemerintahan harus tetap bergerak dan pembangunan harus terus kita lanjutkan. 

Dengan kondisi yang ada, kami semua, baik pemerintah daerah, dalam hal ini eksekutif, legislatif, anggota Forkopimda maupun pemangku kepentingan lainnya terus bersinergi membangun kinerja dan koordinasi kebersamaan dalam upaya kolektif menuntaskan cita-cita pembangunan sesuai visi Kabupaten Muara Enim 2018 - 2023, yaitu Merakyat, ‘Muara Enim untuk rakyat, yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera’,"tuturnya. 



Lebih lanjut, Pj Bupati menyadari bahwa dipundaknya kini bergantung harapan masyarakat untuk membawa Bumi Serasan Sekundang ini menjadi kabupaten yang jauh lebih baik. Untuk itu ia terus mengajak bergandengan tangan dalam menunaikan amanah dan tanggung jawab ini dengan sebaik - baiknya.  

 

"Sampai dengan menjelang berakhirnya tahun keempat masa pemerintahan ini, kami menyampaikan bahwa hal-hal yang telah ditetapkan dalam visi dan misi yang dijabarkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah berjalan pada arah yang benar. Secara konsisten pembangunan yang kami laksanakan selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan,"terangnya. 


Kemudian, ia menyampaikan bahwa dalam 5 tahun terakhir, khususnya di tahun 2022 ini pembangunan di Kabupaten Muara Enim menunjukkan capaian dengan tren yang membaik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia yang terus meningkat dari 67,63 menjadi 68,86; angka harapan hidup bertambah dari 67,67 tahun menjadi 69,02 tahun; peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tercermin dari angka kemiskinan yang turun dari 13,19% menjadi 12,32%, kasus Balita stunting turun dari 14,24% menjadi 3,23% dan tingkat pengangguran terbuka yang turun dari 5,61% menjadi 4,90%.  



"Kemudian rasio desa berlistrik di Kabupaten Muara Enim saat ini naik dari 94,23% menjadi 99,99% dengan rasio rumah tangga berlistrik sebesar 95,45%, dan akses pelayanan air bersih PDAM Lematang Enim telah mencapai 67,43% atau sama dengan 37.686 sambungan rumah tangga. 

Sementara itu pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan dengan rata-rata 7,16 persen, meskipun pada tahun 2020 dalam situasi pandemi Covid-19 mengalami perlambatan menjadi 0,03%, namun tahun 2022 ini berhasil mencapai 5,75%. Begitupun halnya dengan perkembangan APBD, naik dari 2,3 trilyun rupiah pada tahun 2017 menjadi 3,2 trilyun rupiah di tahun 2022, dengan realisasi investasi lebih dari 9 triliyun rupiah,"bebernya.  



Selanjutnya, ia menymapaikan di bidang pertanian bahwa luas panen padi Kabupaten Muara Enim hingga Desember 2022 diprediksi mencapai 39.700 (tiga puluh sembilan ribu tujuh ratus) hektar dengan rata-rata produksi 49 kwintal perhektar. Diperkirakan produksi padi sampai Desember nanti akan tercapai sekitar 197 ribu ton gabah kering giling atau setara dengan 104.431 (seratus empat ribu empat ratus tiga puluh satu) ton beras. Produksi padi tersebut akan mampu mendukung peningkatan produksi padi regional maupun nasional, sehingga dapat mendukung Program Sumsel Mandiri Pangan dan food estate nasional. Kemudian untuk produksi tanaman perkebunan yaitu karet mencapai 173 ribu ton, kelapa sawit 45,5 ribu ton dan kopi 28 ribu ton.  


"Dengan tema pembangunan Kabupaten Muara Enim tahun 2022 yaitu “Penguatan 

Ekonomi Masyarakat Menuju Muara Enim Mandiri”, kamipun tetap fokus pada pemulihan terhadap dampak yang masih terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Oleh sebab itu di tahun 2022 ini Pemkab. Muara Enim telah mengalokasikan anggaran pemulihan di bidang ekonomi sebesar Rp 393 milyar yang diperuntukkan bagi perlindungan sosial, pemberdayaan UMKM, subsidi pertanian, subsidi bahan pokok, kegiatan padat karya, bantuan sarana dan prasarana pangan, perkebunan, pertanian dan perikanan,"katanya.  



Dikesempatan itu juga, Pj Bupati menyampaikan dalam 1 tahun terakhir ini, Kabupaten Muara Enim-pun telah menorehkan berbagai penghargaan, baik ditingkat Provinsi Sumatera Selatan maupun tingkat nasional.

 

"Kurun waktu satu tahun terakhir ini Kabupaten Muara Eni telah meraih Peringkat 4 Nasional sebagai Pemerintah Kabupaten Terinovatif di Indonesia dalam Skor Indeks Innovative Government Award 

2021 dari Kementerian Dalam Negeri, Peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 Kali berturut-turut Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari BPK RI, Peraih indeks nilai tertinggi kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan dalam Sistem 

Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021 dengan predikat BB 

‘Sangat Baik’ dari Kemen-PANRB, Peraih Piala Anggara Birawa sebagai Pemerintah Daerah Terbaik di Indonesia dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (KP4) Tahun 2022 dari Kemen-PANRB, Peraih Sertifikasi Bebas Penyakit Frambusia dari Kementerian Kesehatan, Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2022 dengan Predikat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Kabupaten Terbaik di Indonesia Tahun 2022 dalam Upaya Perlindungan Anak dan Pelaporan Berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Tahun 2022 dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Pembina Proklim Tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan 


Kehutanan, Piala Nirwasita Tantra 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pembinaan dan Penerapan Kebijakan Lingkungan Hidup dari Gubernur Sumatera Selatan, Penghargaan Pemerintah Kabupaten/kota Terbaik Sumatera Selatan dalam penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah 2021 dari Gubernur Sumatera Selatan, Peringkat 1 Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik dalam Festival Literasi Provinsi Sumatera Selatan 2022,"pungkasnya.. 

 

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kelada Pemprov sumsel atas dujungan yang diberikan oleh Gubernur Sumsel terhadap pembangunan di kabulaten Muara Enim.



"Dikesempatan ini, saya atas nama pemerintah dan segenap masyarakat Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala upaya dan dukungan Bapak Gubernur terhadap pembangunan di Kabupaten Muara Enim, baik secara moril maupun melalui Bantuan Keuangan Bersifat Khusus atau Bantuan Gubernur dari APBD Provinsi Sumatera Selatan yang setiap tahun kami terima guna mendukung 

pembangunan infrastruktur di 22 kecamatan seKabupaten Muara Enim. Tak lupa kami-pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Gubernur, H. Herman Deru yang ke-55 pada 17 November kemarin. Teriring doa dan harapan semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam memimpin Provinsi Sumatera Selatan yang kita cintai ini,"pungkasnya.(ADV/Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar