Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pj Bupati Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Oleh Kemendagri

 


MUARA ENIM,potretsumsel.id -- Pj Bupati Muara Enim Kurniawan bersama bupati dan walikota mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin langsung Wakil Menteri Dalam Negeri RI Jhon Wempi Wetipo, Senim (14/11/2022) secara virtual dari Ruang Rapat Bupati Muara Enim.


Dalam kegiatan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam hal ini unsur Forkopimda dan kepala perangkat daerah yang ada di lingkup Pemkab Muara Enim.

 

Dalam sambutannya Wakil Menteri Dalam Negeri menekankan untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan dan stabilitas harga pangan nasional perlu dioptimalkan melalui pemantauan atas ketersediaan pangan secara berkelanjutan serta kelancaran dalam mendistribusikan pangan. 


Selain itu dirinya mengharapkan agar pemerintah daerah dapat menggelar operasi pasar dengan mempertimbangkan lokasi yang terdapat pada kantong-kantong konsumen miskin dan industri yang mempekerjakan rakyat kecil, sehingga tepat sasaran. 


Sementara itu Pj Bupati menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim siap bekerjasama dan mengakomodir kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan inflasi. 


"Selain itu Pemkab Muara Enim juga memerintahkan kepada tim pengendali inflasi Kabupaten Muara Enim untuk melakukan upaya nyata dalam penanganan inflasi diantaranya melaksanakan operasi pasar, memastikan distributor dan penjual tidak menahan barang, menjalin kerjasama dengan daerah penghasil komoditi, menggalakan gerakan menanam, merealisasikan belanja tak terduga dan memberikan dukungan transportasi,"tegasnya.


Kemudian Pj Bupati mengungkapkan Rakor tersebut memiliki tunjan untuk menjaga stabilitas harga pangan disetiap daerah khususnya kabupaten Muara Enim.


"Rakor ini bertujuan dalam rangka untuk menjaga stabilitas harga pangan sekaligus melakukan monitoring terhadap pergerakan harga bahan pokok di setiap daerah,"pungkasnya.

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar