Sambangi DPC Hanura KPUD Muara Enim Lolos dan Tidak Verifikasi Faktual,Partai Tergantung KPU RI


MUARA ENIM,potretsumsel.id-- Lolos dan tidaknya saat di lakukan Verifikasi Faktual (Verfak) bagi sejumlah Partai Politik (Parpol) di kabupaten Muara Enim pada pemilu di tahun 2024 mendatang tergantung oleh KPU pusat. Hal tersebut di ungkapkan oleh Komisioner KPUD Muara Enim Bidang Teknis Penyelengaraan Justika kepada media ini saat melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) bagi sejumlah Parpol di kabupaten Muara Enim.


 " Ya, pada hari ini kami dari KPU Muara Enim kembali melakukan Verfak kepada sejumlah parpol yang ada di kabupaten Muara Enim dalam rangka memenuhi persyaratan bagi sejumlah Parpol untuk mengikuti pemilu di tahun 2024 mendatang. Dan Alhamdulillah, pada kali ini kami melakukan Verfak di Seketariat DPC Partai Hanura ," ungkapnya, Kamis (03/11/2022) didampingi Romeo Bidang Divisi Data KPU Muara Enim. 


Lanjutnya, dalam pelaksanaannya Verfak yang di lakukan oleh KPU Muara Enim kepada sejumlah Parpol yang ada merupakan syarat yang di tunjuk oleh pusat kepada KPU daerah dalam rangka guna melakukan verifikasi pendataan terhadap Parpol di daerah.


Dimana metode yang dilakukan, ada 3 metode yakni melalui cara Zoom/Daring, kedua pihak Parpol melaporkan kantor KPU Muara Enim dan yang terakhir dilakukan secara door too door.


" Kalau untuk Limit batas waktu, tentu ada, namun apa bila ada sejumlah Parpol ingin melakukan perbaikan kami tunggu. Untuk kendala, sejauh ini Alhamdulillah tidak ada kendala, cukup kooperatif semua dan untuk pendataan Verfak bagi Parpol yang di lakukan oleh KPU Muara Enim ini yang terakhir di lakukan ," jelasnya.


Lebih jauh, di tanya awak media apakah ada sejumlah Parpol yang tidak lolos dalam Verfak yang di lakukan oleh KPU Muara Enim, Justika menegaskan hal tersebut merupakan kewengan dari KPU RI terkait lolos apa tidaknya terhadap Parpol yang telah di lakukan Verfak oleh KPU daerah.


" Itu tergantung dari pusat ya, yang menentuk lolos apa tidak nya bagi Parpol dan kami KPU daerah hanya mendata serta memverifikasi saja bagi Parpol yang ada di daerah, dan itu merupakan kewenangan dari KPU pusat ,"tegasnya.


Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Hanura kabupaten Muara Enim Saniyo menyambut baik adanya pendataan Verfak yang di lakukan oleh KPU Muara Enim dalam rangka guna memenuhi persyaratan dalam verifikasi faktual yang di lakukan oleh KPU pada pemilu tahun 2024 mendatang di kabupaten Muara Enim.


" Kalau untuk syarat lolosnya diberikan oleh KPU Muara Enim dalam Verfak ini kepada sejumlah Parpol. Alhamdulillah, untuk DPC Partai Hanura Muara Enim telah memenuhi semua persyaratan yang di berikan oleh KPU dengan keanggotaan sebanyak 201 anggota DPC Partai Hanura di kabupaten Muara Enim dan kami optimis pasti lolos dalam Verfak ini ," bebernya.


Kemudian, Sanio menambahkan untuk pendaftaran bagi calon legestatif DPRD kabupaten Muara Enim di partai Hanura sejauh ini pihaknya telah menerima sejumlah formulir pendaftaran dari masyarakat yang mengajukan diri untuk mendaftar menjadi Caleg dari partai Hanura.

" Kalau untuk pengumuman bagi Caleg dari Partai Hanura, kami menunggu hasil pengumuman dari KPU Muara Enim, apa bila dinyatakan lolos Inshaa Allah pasti akan kita umumkan secepatnya Caleg dari Partai Hanura ," pungkasnya.(Erosan/Dang)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar