Kehadiran Bupati PALI Membangkitkan Semangat Pelantikan Ratusan PTPS se-Kecamatan Talang Ubi

 


PALI, POTRETSUMSEL.ID- Mengawali persiapan Pemilihan Umum (Pemilu), Bupati PALI Provinsi Sumatera Selatan H. Heri Amalindo memberikan dengan menghadiri pelantikan Pengawas TPS (PTPS) se-Kecamatan Talang Ubi. Total sebanyak 257 PTPS yang diambil sumpah jabatan.


Upacara pelantikan anggota petugas pengawas TPS kecamatan Talang Ubi, Senin 22 Januari 2024, di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo menjadi momen simbolis. Bupati Heri Amalindo, dengan memakaikan rompi, menyiratkan kesiapan anggota PTPS mengawasi proses pemungutan suara Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024 mendatang.

Bupati PALI, dalam pesannya kepada anggota PTPS, menekankan pentingnya berkoordinasi dengan Panwaslu Kelurahan, Panwascam dan Bawaslu saat menghadapi permasalahan di lapangan. "Cepat selesaikan masalah di lapangan, jangan bertindak sendiri, tetapi berkoordinasilah dengan Bawaslu atau Panwaslu Kecamatan," pesan Bupat.

Bupati juga menegaskan agar anggota PTPS tidak terlibat dalam kampanye. "Selaku pengawas, jangan ikut langsung kampanye tim sukses Pilpres maupun Caleg. Kalian adalah pengawas," tambahnya.

Menurut Bupati, anggota PTPS harus menjalankan amanah sesuai tugas dan fungsi. "Kalian sudah disumpah, itu harus dijalankan dan pegang teguh azas Pemilu yakni Luber dan Jurdil," tandasnya.

Bupati berharap agar PTPS bersinergi dengan KPPS di lapangan. "Suksesnya Pemilu tergantung pada koordinasi, komunikasi, dan sinergi. Dalam hal ini, PTPS harus bersinergi dengan KPPS di lapangan," pesannya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, mengingatkan bahwa tugas PTPS tidak mudah. "Jiwa dan raga PTPS sekarang separuhnya milik Bawaslu. Jaga Pemilu 2024 sesuai perUndang-Undangan karena tugas kalian tidak ringan," ungkapnya.

Lestrianti menekankan agar PTPS tidak hanya berdiri di TPS, tetapi juga aktif sepanjang proses Pemilu. "Ujung tombak demokrasi ada di pundak PTPS, jangan datang dan pergi, tapi bekerja penuh waktu kecuali sakit. Tidak ada alasan meninggalkan TPS sebelum proses Pemilu selesai," tegasnya.

Dijelaskan oleh Lestrianti, PTPS memiliki peran penting sebagai pengawas di TPS untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan jujur. "PTPS harus berkontribusi pada Bawaslu, terutama pada saat masa tenang untuk memastikan ketenangan sepenuhnya terjaga, dan tidak ada aktivitas politik dari partai atau caleg," tutupnya. (RB)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar