Satu-satunya Di Sumsel Diskominfo PALI Miliki Aplikasi SIJATI

 


PALI, POTRETSUMSEL.ID- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PALI telah merintis langkah inovatif dengan meluncurkan aplikasi revolusioner bernama SIJATI, singkatan dari 'Sistem Informasi Geografis Jaringan Telekomunikasi dan Internet'. Tidak sekadar aplikasi biasa, SIJATI menjadi pelopor yang memetakan layanan publik, khususnya ketersediaan sinyal telekomunikasi yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat di Bumi Serepat Serasan.

Aplikasi yang diinisiasi dengan menggunakan Anggaran Belanja Daerah Perubahan (APBDP) PALI 2023 ini telah melampaui ekspektasi dengan menjadi satu-satunya di Sumsel yang sudah dapat diakses oleh masyarakat umum sejak awal 2024.

Kepala Diskominfo kabupaten PALI, Khairiman melalui Aan Jultravolta, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid TIK) Diskominfo PALI, menjelaskan bahwa SIJATI memiliki tujuan utama untuk mendukung percepatan pemerataan sinyal telekomunikasi di wilayah tersebut.

"Kita dapat secara khusus melihat sebaran Base Transceiver Station (BTS) dan memantau kondisi sinyal per desa/kelurahan," ungkapnya dengan semangat di Kantor Diskominfo PALI pada kemarin (8/3/2024).

SIJATI bukan hanya sekadar pemetaan sinyal, tetapi juga menjadi sumber data penting terkait desa/kelurahan yang dapat diakses melalui www.sijati.palikab.go.id. Informasi meliputi jumlah penduduk, luas wilayah, profesi warga, hingga data pendidikan, semuanya dapat diakses dengan mudah dan akan diupdate secara berkala.

Aan menambahkan pengunjung web tinggal klik di wilayah mana yang ingin diketahui secara detail, nanti muncul semua data yang dibutuhkan.

"Keberadaan aplikasi ini memberikan kemudahan bagi Diskominfo PALI dalam menyusun data pendukung permohonan penambahan BTS baru, yang bertujuan untuk mengatasi blankspot di PALI. Sebagai contoh, baru-baru ini mereka berhasil mengusulkan penambahan 11 BTS, yang disetujui sebanyak 9 BTS, dan kini sedang dalam koordinasi pemasangan dengan provider terkait," terangnya.

Inisiatif cepat Diskominfo PALI dalam mengatasi blankspot diharapkan Aan bisa meminimalisir ketiadaan sinyal telekomunikasi patut diapresiasi oleh masyarakat. "Di tengah era digital, ketersediaan sinyal internet menjadi kebutuhan dasar untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. SIJATI PALI hadir sebagai solusi konkret untuk memastikan konektivitas yang merata dan terjangkau bagi semua," pungkasnya. (RB)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar