Upaya Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim Pemkot Prabumulih Memberikan bantuan

 


Prabumulih, Potretsumsel.id--Dalam rangka mengupayakan pengentasan kemiskinan ekstrim di kota Prabumulih, sebanyak 100 unit di bantu oleh

Kementerian PUPR dan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) berkolaborasi dalam pembangunan RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa) bagi kelompok berpenghasilan rendah di Kota Prabumulih.

Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) diperuntukan untuk Komunitas Pemulung, Disabilitas, Kuli Panggul, Sol sepatu, dan Tukang becak.



Dalam Program RITTA, pihak Pemerintah Kota Prabumulih menyiapkan tanah seluas dua hektar untuk lokasi pembangunan 100 unit rumah tahan gempa.

Rumah-rumah tersebut dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan rumah tahan gempa RITTA yakni rumah inti tipe 18 yang bisa dikembangkan lagi dengan luas kavling 6 x 12 meter atau 72 meter persegi.



Pejabat walikota Prabumulih H. Elman, ST, MM, ketika diwawancarai awak media diruang kerjanya, Jumat (14/6/2024) mengatakan, bahwa rumah yang diperuntukan untuk kelompok berpenghasilan rendah bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Rumah ini jangan diperjualbelikan, sebaiknya dihuni dan dirawat dengan baik dan banyak bersyukur."ujarnya.

 Masih kata, H Elman ST, MM mengatakan “Pemerintah Kota Prabumulih terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebaik baiknya,termasuk dalam pemberian paket bantuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Prabumulih dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya



Ia menambahkan, Adapun bantuan diberikan kepada penerima bantuan Satu Paket Budidaya Ikan Lele dengan sistem Bioflok itu Pondok Pesantren Nu’Al Ma’Arif Desa Muara Sungai Kec Cambai dan Penerima Bantuan Peralatan Pengolahan Ikan Pengolahan Produk Bernilai Tambah Lainnya berupa 1 Buah Chest Freezer, 1 buah food processor, 1 buah kompor 2 tungku, meet grinder, 1 Regulator dan selang, 2 buah tabung gas dan isi, 1 Vacuum Sealer, "kita berharap dengan bantuan peralatan dan bibit ikan lele ini, bisa meningkatkan penghasilan masyarakat kota Prabumulih, dan juga bisa mengetaskan kemiskinan dikota Prabumulih ini.



Sementara itu, kepala Dinas Perumahan Dan Pemukiman kota Prabumulih Mayduty ST mengatakan, "Alhamdulillah tahun 2024 jumlah rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa

(RITTA)100 unit yaitu CSR perusahaan nasional, terdiri dari 30 unit PT.SMF, 10 unit Bank BSI, dan 60 unit dari bank BTN,


Untuk tahun 2025 kita masih perjuangankan dikementrian, dan untuk saat ini sudah dibangun jalan dan drainase oleh dinas PUPR kota Prabumulih Ujarnya.( Adv Ps01)

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar