Gandeng Wartawan, Bawaslu Prabumulih Perkuat Upaya Pengawasan

 


Prabumulih, Potretsumsel.id--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Prabumulih, menggelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif peran Media Massa sebagai pengawas partisipatif pada pemilihan serentak tahun 2024 di Fave Hotel, pada Selasa (6/8/2024). 

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kembali peran jurnalis dan media massa, dalam pengawasan tahapan Pemilu 2024. 

“Bawaslu tidak akan mampu menjalankan tugas dan fungsinya apabila bekerja sendiri. Bawaslu harus didampingi oleh semua elemen masyarakat, salah satunya adalah para awak media,” kata Ketua Bawaslu Kota Prabumulih, Afan Sira Oktrisma dalam sambutannya.

Dalam sosialisasi yang melibatkan narasumber dari PWI Sumsel, Anwar Raswan, dan Eva Yuliana dari Akademi Pemilu dan Demokrasi Korda, Afan berharap dapat terbangunnya sinergitas yang baik. 

“Rekan-rekan wartawan yang juga bagian dari masyarakat, harapan kami sebagai masyarakat mampu memberikan pengawasan partisipatif. Memberikan masukan dan laporan apabila ada indikasi temuan pelanggaran-pelanggaran di tengah masyarakat,” kata dia. 

Lebih lanjut, Afan Sira Oktrisma juga berharap wartawan dapat menyampaikan informasi dan edukasi yang berimbang kepada masyarakat. Selain itu, membangun opini yang positif mengenai peran penting masyarakat dalam pengawasan Pilkada. 

“Harapan kami media-media di Prabumulih ini selain menyampaikan informasi juga menyampaikan edukasi yang baik kepada masyarakat. Terkait peran penting partisipatif masyarakat dalam melakukan pengawasan pada saat pelaksanaan Pilkada,” harapnya. 

Ditambahkan oleh Komisioner Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Lia Siska Indriani SPd, bahwa pentingnya sosialisasi ini dilakukan serta peran wartawan terhadap eksistensi demokrasi. 

Menurut Lia, kemitraan dengan jurnalis dan media sudah terbangun dengan baik hingga saat ini. Namun perlu diperkuat, sehingga kemitraan itu sampai ke tingkat bawah.

“Kegiatan ini juga bertujuan mengajak awak media, untuk bersinergi bersama penyelenggara sebagai komitmen untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap isu-isu yang beredar dan informasi-informasi yang berkembang,” terangnya.

Sementara itu, narasumber dari PWI Sumsel, Anwar Raswan juga menekankan pentingnya integritas dan independensi wartawan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas partisipatif. 

“Wartawan harus menjaga integritas dan independensinya dalam menjalankan tugas pengawasan ini agar dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pelaksanaan Pilkada,” tukasnya. 

Share on Google Plus

About Potret Sumsel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments:

Posting Komentar